Jumat, 26 Februari 2016

Desa Khusus Untuk Pecinta Marematika




Merdeka.com - Matematika merupakan salah satu pelajaran yang tidak disukai oleh banyak murid ketika sedang bersekolah. Hal itu menyebabkan banyaknya orang yang suka matematika jadi dianggap aneh oleh teman-teman sekitarnya. Namun di desa ini kecintaanmu terhadap matematika tidak akan dianggap aneh dan malah bisa jadi semakin dalam.
Desa yang bernama Nesin Matematik Koyu atau desa matematika Nesin ini berada di Turki dan berada di provinsi Izmir, Turki bagian barat. Dilansir dari Vice, desa ini didirikan oleh seorang ahli matematika veteran bernama Ali Nesin pada tahun 2007.

Desa ini dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan apresiasi dan kecintaan pengunjungnya terhadap matematika. Niat awal dari pendirian desa ini adalah untuk mencari pakar-pakar baru di bidang matematika dari seluruh Turki dan dikumpulkan di desa tersebut. Namun hal itu rupanya tak mudah dan dia melihat sebuah hal lagi yang cukup unik berhubungan dengan matematika yaitu kesulitan bagi banyak orang terhadap ilmu tersebut.
Pada awalnya dia hanya membuat sebuah kelas tambahan bagi beberapa anak yang kesulitan dengan matematika. Namun seiring berjalannya waktu dia mulai mencoba mencari cara yang lebih menyenangkan bagi banyak orang untuk mempelajari matematika hingga dibuatlah sebuah kegiatan terpadu tentang matematika di desa tersebut.

Program-program di desa matematika ini pada awalnya ditujukan bagi mahasiswa saja, namun akhirnya program ini juga mencakup anak SMA dan pada akhirnya semua jenjang sekolah. Program yang dibuat Nesin ini memiliki waktu selama enam minggu selama musim panas. Walau begitu, desa matematika ini sebenarnya tetap dibuka tiap hari sepanjang tahun.
Sejak dibuka, desa ini telah kedatangan ribuan siswa dari segala usia. Terdapat konferensi dan juga berbagai aktivitas lain seperti pernikahan yang biasa diadakan di desa ini. Waktu paling sibuk adalah pada program musim panas yang biasa diikuti 400 hingga 500 siswa.
Selain desa matematika ini, Nesin juga memiliki dua desa lain yang mempelajari filosofi dan seni. Saat ini dia tengah mengembangkan desa tersebut agar menarik perhatian lebih banyak orang dan meningkatkan dalam kecintaan ilmu tersebut.

Sumber : http://www.merdeka.com/gaya/desa-ini-dibuat-khusus-untuk-pecinta-matematika.html

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Welcome To Madugo Production

Kota Asal Pengunjung

Anda Pengunjung Ke

Lencana Facebook

Asal Kota Pengunjung

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support